Jenis-jenis Elemen Pemanas yang Digunakan Pada Industri Oil & Gas


Dalam industri minyak dan gas menggunakan beberapa jenis elemen heater untuk berbagai proses pemanasan yang berbeda. Beberapa elemen heater yang umum digunakan dalam industri ini, yaitu:

  1. Flanged Immersion Heaters, menjaga suhu fluida, menghasilkan sumber panas yang relatif sedang. Panas yang dihasilkan akan merambat ke dalam pelumas yang kental secara merata dan ke seluruh tangki. Memproses bahan bakar minyak, minyak bumi, proses pemanasan gas ringan, serta digunakan untuk perpindahan panas pada oli yang mensirkulasi melalui pipa-pipa yang besar atau disimpan di dalam tangki.
  2. Over The Side Heaters, salah satu elemen heater yang ringan, praktis, mudah dilepas, dan ekonomis. Selain kedap air, alat ini juga dilengkapi dengan thermowell dan beberapa elemen tubular yang dapat menjaga kelembaban suhu. Digunakan untuk pemrosesan minyak pemanas, degreasing, serta mencegah oli membeku terutama untuk tangki oli diluar ruangan.
  3. In Line Heaters/Circulations Heaters, menggunakan pemanasan tidak langsung untuk menjaga aliran, mengatur, dan mengontrol suhu media yang dipanaskan. Inline Heaters disebut sebagai elemen listrik yang paling efisien karena memulai proses pemanasan dengan suhu ruangan lalu disirkulasikan kembali pada suhu tinggi yang tidak memerlukan banyak energi untuk mencapai suhu target. Alat ini berguna untuk proses pemanasan minyak/oli, menjaga suhu, dan mengontrol laju aliran. 
  4. Screw-Plug Heaters, dirancang untuk perpindahan panas yang terjadi dengan cepat. Berfungsi untuk memanaskan gas dan cairan dalam tangki. Screw-plug Heaters digunakan untuk pengolahan oli dan pelumas hidrolik, pemanasan likuid atau gas yang mudah terbakar yang memerlukan tangki tahan ledakan (explosion proof).

Setiap jenis elemen pemanas tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda, dan pemilihan elemen pemanas yang tepat tergantung dengan kebutuhan dalam proses industri minyak dan gas. Hal ini meliputi faktor seperti kapasitas, efisiensi energi, keandalan, serta disesuaikan dengan lingkungan operasional.

 

Konsultasikan segera kebutuhan anda secara gratis dengan tim kami di 0 800 1 900 888 (bebas pulsa). Dapatkan solusi elemen pemanas yang tepat untuk kebutuhan aplikasi industri Anda. Jangan lupa untuk kunjungi website kami di unitedheater.co.id dan media sosial United Heater di @unitedheater.

 

KLIEN

Here are some of the amazing clients we have worked with so far