Keunggulan, Kegunaan, dan Cara Kerja RTD (Resistance Temperature Detector)


RTD adalah sensor suhu yang menggunakan prinsip perubahan resistansi atau hambatan listrik logam yang dipengaruhi oleh perubahan suhu. RTD digunakan untuk mengukur suhu serta menemukan jumlah derajat perubahan suhu. RTD dapat ditemukan pada proses kontrol dan otomatisasi karena stabilitas dan tingkat akurasinya yang tinggi.

Keunggulan RTD yaitu,

  • Stabil dan akurasi baik
  • Linearisasi lebih baik dari thermocouple
  • Tidak diperlukan suhu referensi
  • Sensitivitasnya cukup tinggi
  • Tegangan output yang dihasilkan 500 kali lebih besar dari thermocouple

Lalu bagaimana cara kerja RTD?

Ketika suhu elemen RTD meningkat, maka resistansi elemen tersebut juga akan meningkat. Atau dapat dikatakan, kenaikan suhu logam di elemen RTD sebanding dengan resistansinya. Elemen RTD biasanya ditentukan berdasarkan resistansinya dalam ohm(Ω) pada suhu 0°C. RTD yang paling umum adalah PT100, yang berarti resistansinya 100 ohm pada 0°C.

Arus listrik mengalir melalui elemen RTD yang terletak di tempat yang suhunya ingin diukur. Alat ukur kemudian mengukur resistansi RTD dan menunjukkan hasil bacaan dalam suhu yang tepat berdasarkan karakteristik resistansi RTD yang diketahui

Konsultasikan segera kebutuhan anda secara gratis dengan tim kami di 0 800 1 900 888 (bebas pulsa). Dapatkan solusi elemen pemanas yang tepat untuk kebutuhan aplikasi industri Anda. Jangan lupa untuk kunjungi website kami di unitedheater.co.id dan media sosial United Heater di @unitedheater.

 

KLIEN

Here are some of the amazing clients we have worked with so far