Sejarah Perkembangan Elemen Pemanas


Elemen pemanas memiliki sejarah panjang yang terjalin erat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang listrik. Dari penemuan awal yang sederhana hingga desain dan aplikasi yang canggih saat ini, elemen pemanas listrik terus memainkan peran penting dalam berbagai aspek industri.

Pada tahun 1841, James Joule menemukan hukum joule, yang menjelaskan hubungan antara arus listrik, hambatan, dan panas. Penemuan ini menjadi dasar perkembangan elemen pemanas listrik. 

Pada tahun 1859, Edward Simpson dari Inggris mematenkan elemen pemanas listrik pertama yang terdiri dari lilitan kawat logam dalam tabung logam, serta kawat logam yang dilapisi bahan isolasi keramik sebagai badan pemanas. Namun peralatan proses saat itu belum canggih, belum ada kawat resistansi yang sesuai dan hanya ada kawat besi yang tingkat resistivitasnya sangat kecil. Sehingga penemuan tidak dapat diterapkan.

Tahun 1910, Amerika Serikat berhasil memproduksi paduan nikel-kromium yang dapat tahan pada suhu tinggi dan resistivitas tinggi serta bahan isolator non-organik yang lebih baik mendorong kemajuan elemen pemanas listrik.

Tahun 1918, General Electric di Amerika Serikat mematenkan desain elemen pemanas dengan kawat pemanas di dalam tabung logam dan bahan isolator bubuk. 

Tahun 1950-an, teknologi manufaktur menjadi lebih canggih sehingga mendukung produksi elemen pemanas listrik yang lebih murah dan efisien. Lalu pada pertengahan abad ke-20, Bulten Kanthal dan Oakley mempromosikan elemen pemanas listrik di seluruh dunia. Sejak saat itu, elemen pemanas listrik terus berkembang dengan berbagai desain dan aplikasi, seperti oven industri, pemanas tangki, dan peralatan industri lainnya.

Konsultasikan segera kebutuhan anda secara gratis dengan tim kami di 0 800 1 900 888 (bebas pulsa). Dapatkan solusi elemen pemanas yang tepat untuk kebutuhan aplikasi industri Anda. Jangan lupa untuk kunjungi website kami di unitedheater.co.id dan media sosial United Heater di @unitedheater.

 

KLIEN

Here are some of the amazing clients we have worked with so far