Fungsi dan Cara Kerja Furnace dalam Industri


Furnace merupakan alat yang digunakan untuk meleburkan logam, memanaskan material untuk proses kimia, dan dapat digunakan sebagai alat heat treatment dalam meneliti bahan/material. Furnace didesain tahan terhadap suhu tinggi, sehingga furnace dapat beroperasi pada suhu lebih dari 500.

Fungsi furnace berbeda-beda sesuai dengan jenis dan spesifikasinya. Tetapi secara umum,  furnace berfungsi untuk material yang membutuhkan proses pemanasan secara langsung. Furnace bekerja dengan suhu yang sangat tinggi, sehingga proses pemanasannya lebih cepat menyebar ke permukaan material. 

Cara kerja furnace cukup sederhana, pada furnace terdapat thermocouple yang terdiri dari dua konduktor yang berbeda yang menghasilkan tegangan, sebanding dengan perbedaan suhu antara kedua ujung konduktor. Thermocouple tersebut digunakan untuk pengukuran sebagai jenis sensor suhu untuk pengukuran dan kontrol serta dapat pula digunakan untuk mengubah gradien temperatur menjadi listrik. Panas akan merambat secara radiasi menuju sampel. Beberapa furnace memiliki kontrol waktu yang dimanfaatkan untuk mengubah suhu pemanasan secara otomatis. Sedangkan dinding bagian dalam furnace didesain tahan terhadap suhu tinggi dengan menggunakan bahan alumina.

 

Konsultasikan segera kebutuhan anda secara gratis dengan tim kami di 0 800 1 900 888 (bebas pulsa). Dapatkan solusi elemen pemanas yang tepat untuk kebutuhan aplikasi industri Anda. Jangan lupa untuk kunjungi website kami di unitedheater.co.id dan media sosial United Heater di @unitedheater.

 

KLIEN

Here are some of the amazing clients we have worked with so far